04 July 2018

Inggris Menang, Lolos, dan Sukses Patahkan Rekor Buruk Tak Pernah Menang Saat Adu Penalti

Ngapaksports.com - Timnas Inggris sukses mengalahkan Kolombia dengan skor 4-3 melalui babak adu penalti. 


Kolombia sempat berada diatas angin karena Henderson yang gagal melakukan penalti, namun akibat dari gagalnya dua pemain Kolombia mengeksekusi penalti membuat Inggris memenangkan pertandangan.

Pada delapan laga terakhirnya Kolombia selalu sukses mencetak gol di gelaran Piala Dunia 2018, ini adalah rekor deretan terlama daripada tim lainnya. Kolombia telah mencapai fase gugur untuk ketiga kalinya selama gelaran Piala Dunia. Rekor juga bagi Inggris yang tidak pernah kalah dari Kolombia dalam lima pertemuannya.

Tiga puluh lima menit berjalan, Inggris dan Kolombia sama-sama baru melakukan dua kali sentuhan dikotak penalti lawan. Hingga babak pertama usia, kedudukan 0-0 tetap tidak berubah. 

Inggris mendapat peluang emas melalui hadiah penalti yang diberikan wasit karena Harry Kane telah dilanggar oleh pemain Kolombia dikotak penalti oleh Santiago Arias. Pemain Kolombia itu diganjar kartu kuning oleh wasit dan Harry Kane yang menjadi eksekutor penalti sukses membawa Inggris unggul atas Kolombia 1-0 hingga menit ke-56. 

Rekor baru diperoleh Harry Kane karena telah mencetak 6 gol beruntun untuk Inggris setelah sebelumnya dicetak oleh Tommy Lawton pada tahun 1939. Ketinggalan 1-0, pelatih Kolombia langsung berinisiatif untuk melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Lerma digantikan oleh Carlos Bacca.

Falcao diganjar kartu kunin karena melakukan protes berlebihan kepada wasit karena melihat Maguire yang melakukan diving dikotak penalti kolombia. Jesse Lingard juga mendapat kartu kuning setelah menginjak kaki Carlos Sanchez.

Gol penalti dari Harry Kane adalah satu-satunya tembakan yang mengarah kegawang hingga menit ke-80. Inggris melakukan pergantian pemain di menit 81 dengan menarik keluar Delle Ali dan memasukkan Eric Dier. Diakhir menit babak kedua Inggris dan Kolombia kembali melakukan pergantian pemain untuk menambah daya serang mereka. 

Ketika laga telah memasuki menit tambahan waktu, Yerry Mina mencetak gol penyama kedudukan untuk Kolombia yang berawal dari umpan sepak pojok Juan Cuadrado. Babak kedua berakhir imbang 1-1 dan harus dilanjutkan kebabak extra time.

Pada babak extra time tak ada lagi gol yang tercipta untuk kedua kesebelasan dan wasit memutuskan untuk dilanjutkan babak adu penalti. Inggris sukses melesatkan 4 gol dan gagal 1 kali, sedangkan Kolombia hanya sukses melesatkan 3 gol dan gagal 2 kali.

Dengan hasil demikian, Inggris lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 yang sudah ditunggu oleh Swedia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Inggris Menang, Lolos, dan Sukses Patahkan Rekor Buruk Tak Pernah Menang Saat Adu Penalti
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.